Jumat, 01 April 2016

Thinking Based Learning (TBL)

0



Thinking Based Learning (TBL) yaitu suatu metode pembelajaran dimana skillful thinking atau kemampuan berpikir yang dipadukan dengan isi pembelajaran.

Berbeda dengan Problem Based Learning (PBL) dimana ada peluang murid meningkatkan keterampilan berpikir. Tapi guru tidak menyatakan secara explicit kepada murida kan membina keterampilan berpikir. Sebab ada bermacam-macam keterampilan dalam PBL, seperti membuat keputusan, komunikasi, analisis, mensintesis, dll.

Sedangkan TBL ada satu specific/focus thinking yang ingin perlihatkan dan secara langsung guru ketika merancang RPP atau lesson plan dia sudah memikirkan, 'RPP untuk hari ini keterampilan apa yang sebaiknya saya tanamkan pada murid? Sehingga, secara tidak langsung dan pada masa yang sama guru tersebut akan ajarkan konten. 

Basically, untuk meningkatkan/membangunkan keterampilan berpikir ada tiga pendekatan, iaitu:
  1. Direct approach, mengajar secara spesifik tidak menghiraukan konten. yang diajarkan hanyalah berpikir saja. 
  2. Indirect approach, pendekatan dimana kita menggunakan metode dimana memang murid terpaksa harus banyak berpikir. Contohnya kita gunakan PBL atau inquiry method.
  3. Infused approach, menggunakan pendekatan perpaduan dalam isi pembelajaran.
TBL dapat pula meningkatkan keterampilan berfikir secara efisien.
Ada 3 komponen dalam TBL, yaitu thinking skills, habits of mind, metacognitive (berfikir tentang pemikiran).

Dalam silabus kita mengkatagorikan keterampilan berpikir ke dalam beberapa komponen yaitu keterampilan berpikir keratif (creative thinking) dan keterampilan berpikir kritis (critical Thinking).

Lalu kita dalam merancang lesson plan juga meletakkan (di bawah keterampilan berpikir kritis) beberapa perkara penting lainnya contohnya membanding perbedaan, menghubung satu dengan lainnya, atau menganalisis ---> mengacu pada Taksonomi Bloom.





0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut