Senin, 25 April 2016

3 Ciri Utama Web 2.0 Tool

0


Saya yakin diantara kalian pasti sudah pernah menggunakan Web 2.0 tool, hanya saja tidak tahu kalau itu adalah dia. Sama dengan pengalaman saya kenal dengan nama Web 2.0 tool. Jadi, apa sih sebenarnya Web 2.0 tool itu?

Web 2.0 ialah laman web/aplikasi yang membolehkan interaksi baik secara one-waytwo-ways, bahkan multiple-ways antara pemilik dengan pengguna. Istilah Web 2.0 ini digunakan untuk menggambarkan berbagai aplikasi-aplikasi yang tersebar di Internet generasi baru yang berbeda dengan generasi pada pertengahan tahun 1990-an yang merevolusi cara kita dalam menggunakan internet itu sendiri. Beberapa diantara ciri-ciri dari Web 2.0 itu sendiri ialah kemudahan dan fleksibelitas yang ditawarkan, selain itu juga website yang dibuat dengan full css yang membuat laman web lebih mudah dan ringan untuk dicapai.

Lalu apa hubungannya Web 2.0 dengan pendidikan? Pastinya terdapat hubungkait yang sangat besar. Lebih-lebih lagi di zaman yang kelancaran akses internet semakin sukses dalam menggunakan teknologi bukanlah benda yang awam. Pengajar harus mahir dalam memilih dan menggunakan Web 2.0 tool kerana terdapat banyak sekali kemudahan yang ditawarkan. Maka dalam postingan kali ini saya akan membahas tiga ciri-ciri untuk memudahkan ada mengenali Web 2.0.

  1. Web 2.0 sebagai Platform, dimana aplikasi-aplikasi Web 2.0 yaitu menggunakan internet sebagai platformPlatform di sini maksudnya ialah aplikasi-aplikasi Web 2.0 dijalankan secara langsung di atas internet bukan di atas sistem operasi tertentu. Contohnya itu Google yang boleh diakses dari sistem operasi mana pun. Kelebihannya pengguna tidak perlu menginstall apa-apa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Seru bukan? Contoh lain itu WeVideo yang merupakan salah satu aplikasi menyerupai Window Movie Maker, bedanya WeVideo dapat diakses secara online tanpa perlu menginstallnya. Menarik untuk dicoba bukan? 
  2. Web 2.0 merupakan pengumpul pengetahuan yang bersifat kolektif. Ini terbukti dengan adanya Wikipedia sebagai ensiklopedia secara online.
  3. Web 2.0 dipercayai dengan data yang tepat. Masih dengan contoh yang sama yaitu Google, dimana kekuatan search engine Google terletak pada pengumpulan dan pengurusan data dari berbagai laman web di internet yang dapat memudahkan pengguna.
Untuk kalian yang mau tahu lebih banyak perbedaan Wb 1.0, Web 2.0 dan Web 3.0 boleh klik di sini

So, apa saja sih Web 2.0 yang sesuai digunakan pengajar? Ditunggu postingan selanjutnya ya, saya akan bahas lebih banyak lagi. Oke.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut