Rabu, 27 April 2016

10 Laman Web 2.0 yang Kamu Perlukan dalam Proses Pengajaran dan Pembelajaran

1


Baca postingan sebelumnya juga ya tentang 3 ciri Web 2.0 Tools dan 21st Century Skill.

Akhirnya sampai juga ke postingan yang membincarakan tentang Web 2.0 apa saja yang kebanyakan digunakan dalam pendidikan? By the way, masih ingat kan kalau Web 2.0 ini bersifat independent yang banyak sekali manfaatnya untuk berinteraksi satu sama lain melalui berbagai sosial media online. Nah, kamu sudah penasaran, oke deh langsung aja ya saya akan berbagi laman web yang terbaik dalam mendukung pendidikan versi saya pastinya, hehe

  1. Yahoo, Gmail, Kedua laman web ini memberikan ruang untuk menjalin komunikasi yang lebih dikenal dengan komukasi dua arah atau two-ways berbeda dengan ketiga situs blog di bawah ini yang lebih menyajikan informasi dan dikenal dengan komunikasi satu arah atau one-ways.
  2. Blogger. Pastinya sudah pada kenal dengan nama nya 'blog', nya blog itu sendiri ya ini laman web yang sedang anda gunakan dan membaca artikel ini. Nah blog yang saya gunakan ini menggunakan template Blogger. Dengan menggunakan salah satu laman web Yahoo atau Gmail, kamu langsung dapat login ke semua laman web yang dibagikan secara gratis.
  3. Wordpress. Selain Blogger masih ada banyak template yang ditawarkan secara gratis, seperti Wordpress.
  4. Tumblr juga dibagikan kepada pengguna secara gratis dengan cara login menggunakan email.
    Create something new, Teachers.
  5. Hangout Google. Dengan menggunakan akun Gmail, kamu langsung bisa akses situs hangout google. Kamu bisa berbagi gambar, video, kamu juga boleh free call atau video call. Serunya lagi kamu juga boleh invite beberapa teman untuk saling berdiskusi. Saya sangat tertarik untuk menggunakan web ini.
  6. Google Drive. Masih dengan menggunakan akun Gmail, kamu juga dapat mengakses google drive. Ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan Gmail. Lewat Google Drive kamu diberi kebebasan untuk menyimpan file sebanyak 15 MB. Kamu akan dapatkan url untuk dibagikan  kepada murid atau mahasiswa. Sangat memudahkan kita untuk berbagi artikel.
  7. Remind.  Nah, ini saya baru tahu selepas mengikuti kelas Couserra. Menariknya menggunakan laman web ini, kamu bisa menentapkan tanggal jika takut terlupakan ketika ingin membagikan tugas kepada murid atau mahasiswa sedangkan kamu harus pergi berpiknik. 
  8. Thinklink. Nah, kamu harus coba ini nih. Menggunakan laman web ini, kamu bisa menempelkan url dalam gambar atau video. Sangat memudahkan murid atau mahasiswa untuk mendapatkan dengan cepat tanpa membuang waktu.
  9. Wevideo. Wevideo ini lebih kurang sama dengan aplikasi Window Movie Maker atau Corel Video lho. Bedanya jika kamu mau membuat video, kamu tidak perlu mendownload dan install aplikasi. Kamu hanya perlu pergi ke laman web wevideo dan langsung aja bisa membuat video pembelajaran sesuai yang kamu inginkan. 
  10. Jing. Ini nih situs yang sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas. Sebuah aplikasi yang bermanfaat sekali untuk meng-capture dan merekam video. Kamu diberikan pilihan untuk save atau langsung boleh copy dan paste baik ke dalam dokumen atau slide presentation.
Sebenarnya masih ada banyak lagi Web 2.0 Tools yang menarik, mungkin lain kesempatan akan saya bahas lagi ya. Semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. jadi, pelajar tidak akan bosan dan pembelajaran akan menjadi lebih berkesan

    BalasHapus

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut